5 Hal Yang Harus Dihindari Sebelum Tidur

5 Hal Yang Harus Dihindari Sebelum TidurBeberapa kebiasaan yang dilakukan sebelum tidur ternyata dapat mengganggu kualitas serta kuantitas tidur Anda. Untuk itu, hindari melakukan hal-hal ini agar tidur Anda menjadi lebih nyaman dan nyenyak.

Di bagian pertama, Dr Michael Grandner, PhD, psikiater sekaligus pakar tidur dari Behavioral Slee Medicine Program, University of Pennsylvania menjelaskan bahwa main game, menggunakan smartphone hingga makan cokelat dapat membuat Anda sulit tidur. Simak 5 hal Yang Harus Dihindari Sebelum Tidur lainnya, seperti dikutip dari plengdut.com.

1. Hindari minum obat penenang sebelum tidur

Dr Grandner mengatakan bahwa salah satu hal yang paling sering dilakukan orang sebelum tidur adalah meminum obat. Padahal tidak semua obat baik digunakan sebelum tidur.

Obat antidepresan contohnya, tak semuanya membuat seseorang mengantuk. Beberapa jenis obat dapat membuat jantung berdetak lebih cepat sehingga membuat sulit tidur. Sama halnya dengan obat anti rasa sakit. Obat tersebut dapat membuat perut terasa tidak enak.

Karena itu sebaiknya konsultasikan seluruh obat yang Anda dapat ke dokter. Perhatikan jadwal minumnya, dan pastikan obat-obatan tersebut tidak mengganggu waktu serta kualitas tidur Anda.

2. Hindari minum teh sebelum tidur

Tak hanya kopi dan cokelat, teh pun ternyata memiliki kandungan kafein yang tidak sedikit. Apalagi jika teh yang Anda minum berwarna hitam, hijau atau putih.

Dr Grandner mengatakan bahwa beberapa teh herbal seperti teh kamomil dan peppermint memang bebas dari kafein. Namun ia punya cara jitu untuk mengurangi kandungan kafein jika memang Anda terbiasa minum teh di malam hari.

"Celupkan teh ke dalam gelas berisi air panas selama beberapa menit. Namun jangan diminum, buang airnya. Setelah dengan menggunakan teh yang sama, buatlah teh untuk Anda minum. Kafein biasanya hilang pada gelas pertama, sehingga sebaiknya Anda meminum teh dari gelas kedua," ungkapnya.

3. Hindari mandi sebelum tidur

Kebiasaan mandi di malam hari memang tidak memiliki akibat buruk. Bahkan Dr Grandner mengatakan mandi malam hari menggunakan air hangat dapat membuat tubuh lebih rileks dan tidur lebih cepat.

Namun hal tersebut hanya berlaku bagi mereka yang sudah menjalani kebiasaan tersebut sejak lama. Bagi beberapa orang, mandi di malam hari malah membuat mereka merasa segar dan sulit tidur.

"Mereka yang tidak memiliki kebiasaan ini biasanya sulit tidur ketika mandi di malam hari. Penyebabnya, otak tertipu karena biasanya mandi dilakukan di pagi hari," ungkapnya.

4. Hindari makan makanan pedas sebelum tidur

Bagi Anda yang sering mengalami masalah pencernaan memang tidak dianjurkan untuk makan makanan pedas. Penyebabnya, perut akan terasa bergejolak karena makanan pedas biasanya membuat produksi asam lambung meningkat.

Makan terlalu banyak sebelum tidur juga bisa menimbulkan efek yang sama. Untuk itu, sebaiknya hindari makanan yang mengenyangkan dua jam sebelum tidur.

5. Hindari minum terlalu banyak air sebelum tidur

Menjaga tubuh tetap hidrasi memang sangat penting. Namun jangan sampai upaya membuat tubuh tetap sehat tersebut malah mengganggu tidur Anda.

Dr Grandner mengatakan bahwa minum air terlalu banyak sebelum tidur akan membuat perut kembung. Selain perut terasa tidak enak, besar kemungkinan Anda akan terbangun di malam hari untuk buang air.

"Jika memang tujuan Anda adalah bangun di tengah malam untuk buang air kecil, silakan saja. Namun hal tersebut akan mengurangi waktu tidur Anda dan membuat tidur tidak nyenyak," urainya.

5 Hal Yang Harus Dihindari Sebelum Tidur